BAB 12
USAHA KECIL DAN MENENGAH
12.5
Prospek UKM Dalam Era Perdagangan Bebas dan Globalisasi Dunia
Bagi setiap unit usaha dari
semua skala dan di semua sektor ekonomi, era perdagangan bebas dan globalisasi
perekonomian dunia di satu sisi akan menciptakan banyak kesempatan. Namun
disisi lain juga menciptakan banyak tantangan yang apabila tidak dapat dihadapi
dengan baik akan menjelma sebagai ancaman.bentuk kesempatan dan tantangan yang
akan muncul tentu akan berbeda menurut jenis kegiatan ekonomi yang
berbeda. Globalisasi perekonomian dunia juga memperbesar ketidakpastian
terutama karena semakin tingginya mobilisasi modal, manusia, dan sumber daya
produksi lainnya serta semakin terintegrasinya kegiatan produksi, investasi,
dan keuangan antar Negara yang antara lain dapat menimbulkan gejolak-gejolak
ekonomi disuatu wilayah akibat pengaruh langsung dari ketidakstabilan ekonomi
diwilayah lain.
Dalam era perdagangan bebas
dan globalisasi perekonomiian dunia, kemajuan T, penguasaan ilmu pengetahuan,
dan kualitas SDM yang tinggi merupakan tiga faktor keunggulan kompetitif yang
akan menjadi dominan dalam menentukan bagus tidaknya prospek dari suatu usaha.
Dengan kata lain, walaupun UKM Indonesia punya banyak keunggulan komperatif
dibandingkan UB seperti potensi pasar domestik yang besar , padat karya, dan
ketergantungan pada M yang rendah, namun akan sulit bertahan atau berkembang
jika pengusaha kecil dan menengah Indonesia tidak memiliki ketiga keunggulan
kompetitif tersebut . bahkan, UKM Indonesia akan terancam tergusur dari segmen
pasarnya sendiri oleh produk-produk M dengan harga yang lebih murah dan
kualitas nya serta disain yang lebih baik, seperti yang terjadi sekarang dengan
membanjirnya barang-barang dari cina sampai ke pasar-pasar tradisional.
Sayangnya ketiga faktor keunggulan kompetitif tersebut masih merupakan
kelemahan utama dari sebagian besae UKM di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar