BAB 12
USAHA KECIL DAN MENENGAH
12.4
Ekspor
Dalam UKM untuk merelisasikan potensi ekspor
ditentukan dari kombinasi factor-faktor keunggulan yang dimiliki UKM Indonesia
atas pesaing-pesaingnya.Keunggulan koperatif yang dimiliki Indonesia seperti
padat karya dalam membuat produk-produk terutama barang-barang kerajinan, bahan
baku yang berlimpah, sangat disayangkan SDM yang kita masih sangat lemah dalam
hal mengembangkan kerajinan ini mereka kuarang mendapatkan wawasan tetang
pemasaran suatu produk,manajemen dan dalam hal menggunakan proses produksi yang
modern apabila mereka dapat menggunakan proses produk manajemen sangat membantu
proses produksi menjadi lebih efisien.
Saat menuju Candi Borobudur, mungkin Anda
pernah melewati deretan patung-patung batu di pinggir jalan. Salah satunya
adalah hasil karya patung pahatan batu kali dari Studio Kinara-Kinari di
Muntilan, Magelang. Studio milik Mas Edy ini sudah dikenal memiliki buyer
(pembeli) tak saja dari dalam negeri, namun juga dari berbagai negara. Studio
ini banyak menghasilkan karya patung batu dan aneka patung Buddha bersila dari
berbagai ukuran yang dikirim ke berbagai penjuru dunia.
Inilah sebuah contoh kegiatan ekspor yang dimotori usaha bisnis rumahan dan usaha kecil menengah (UKM). Kegiatan eksport memang tak melulu didominasi para pengusaha kelas atas. Dari bisnis rumahan dan usaha kecil menengah (UKM) bisa pula menembus pasar dunia.
Tidak saja hasil karya seni dari batu kali. Namun apa saja yang mudah direspon di pasar internasional asal produk kreatif, khas, berkualitas, dan bernilai jual. Orang mancanegara biasa akan menyukai jenis-jenis kreativitas yang berbau etnik dan unik seperti dari Jogjakarta, Bali, Solo, dan kota lainnya. Termasuk barang kerajinan, tekstil, furnitur, garmen, dan lainnya.
Inilah sebuah contoh kegiatan ekspor yang dimotori usaha bisnis rumahan dan usaha kecil menengah (UKM). Kegiatan eksport memang tak melulu didominasi para pengusaha kelas atas. Dari bisnis rumahan dan usaha kecil menengah (UKM) bisa pula menembus pasar dunia.
Tidak saja hasil karya seni dari batu kali. Namun apa saja yang mudah direspon di pasar internasional asal produk kreatif, khas, berkualitas, dan bernilai jual. Orang mancanegara biasa akan menyukai jenis-jenis kreativitas yang berbau etnik dan unik seperti dari Jogjakarta, Bali, Solo, dan kota lainnya. Termasuk barang kerajinan, tekstil, furnitur, garmen, dan lainnya.
Referensi: http://visimediapustaka.com/artikel-buku/215-sukses-ekspor-ke-pasar-dunia-ala-ukm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar